Total Tayangan Halaman

Kamis, 15 Juli 2010

Shalat Tahajud

Sebelumnya saya mohon ampun kepada Allah Swt. dan berdoa dengan harapan agar senantiasa selalu dalam lindunganNya dan bersyukur akan limpahan samudra nikmat yang telah Ia berikan diantaranya nikmat iman, nikmat usia, nikmat kesehatan sekeluarga dan nikat-nikmat yang lainnya yang tidak bisa saya ekspresikan dengan kata-kata, ucapan maupun perbuatan. Ada sebuah nikmat yang terasakan dalam benak saat ini, yaitu nikmat beribadah shalat tahajud yang saya rasakan. meskipun pada awal untuk melakukan kebiasan shalat tahajud itu terasa berat, tapi dengan dorongan dan suport dari sang isteri tercinta yang selalu senatiasa membangunkan dari tidur malam meski meskipun dengan alarm hp.
Maksud menulis prilaku shalat tahajud ini bukan ingin berlebihan dalam mengekspresikan diri atau lebay kata anak muda sekarang saya selalu berusaha berlindung kepada Allah dari rasa itu dan supaya tidak menjadikan ria yang berakibat prilaku itu menjadi tidak berarti apa-apa di mata Allah.
Harapanku melakuan ibadah shalat tambahan ini agar dapat diampuni akan segala kesalahan yang telah kuperbuat baik secara sadar ataupun tidak disadari hanya Allahlah yang maha tahu. Ada satu lagi keinginan pada diri ini dalam melakukan peribadatan tersebut, yaitu agar mempunyai salah satu ibadah sunah yang dilakukan dengan konsisten dan presisten atau bisa dikatak istimewa pada diri ini.
Shalat ibadah ini dimulai sekitar akhir bulan februari 2010, kucoba lakukan dengan konsisten setiap malam, meskipun pada perjalanannya ada juga waktu dimana tidak bisa melakukannya dikarenakan habis melakukan perjalanan keluar kota atau bermalam selain dirumah.
Ketika akan melakukan shalat tersebut terkadang sering menemukan kesulitan untuk bangun dikarenakan tidur sudah larut malam atau siangharinya terlalu capai sehabis berpegian, ataupula rasa malas bangun yang dirasakan, tapi semua itu aku coba lawan dengan cara berdoa kepada Allah agar supaya diberikan kekuatan untuk melakukan shalat malam tersebut, sehingga dapat menepis segala kesulitan tersebut. Setiap melakukannya kucoba menghayati bacaan shalat dengan cara konsentrasi penuh pada arti bacaan shalat dan ayat Al Quran yang aku dawamkan, supaya lebih dapat memahami arti dan isi kandungannya.
Hidup hanya satu kali, apa yang kita bawa nanti ke hadapaNya, hanyalah amal ibadahnya saja. Apakah itu amal, kalau boleh saya definisikan amal adalah ibadah yang sifatmya muamalah yaitu perbuatan baik yang kita lakukan yang berdampak kepada orang lain, sehingga orang tersebut dapat mengilangkan kesulitannya akibat bantuan yang dilakukan oleh kita. Misalkan beramal memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkannya atau beramal dengan cara mendermakan sebagaia hartanya untuk kegiatan pembangunan masjid atau sarana pendidikan, sarana sosial ataupun yang berdampak langsung untuk kegiatan positip. Sedangkan Ibadah adalah terdapat dua definisi, yaitu ibadah ma'doh dan ibadah muamalah telah diterangkan diatas.
Ibadah shalat tahajud adalah ibadah ma'doh yaitu ibadah yaitu ibadah dengan ciri-ciri pengutamaan ritual yang didasari oleh dengan petunjuk fikih yang dilakukan oleh sesorang ataupun kelompok yang tujuannya untuk mengumpulkan amalan dan terlihat oleh manusia lain kecuali rutual puasa yang hanya dapat diketahui oleh Allah Swt.Tahajud adalah salah satu ibadah ma'doh siapapun dapat melihat prilaku yang dilakukan oleh orang lain maupun oleh dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar